Skip to main content

Yang Dimaksud Bidang Miring Dalam Pesawat Sederhana


Kalo kita mau menaikan kotak atau drum ke atas mobil, biasanya menggunakan alat bantu berupa papan yang dimiringkan. Alat yang seperti ini dinamakan bidang miring. Bidang miring adalah permukaan datar yang dibuat menjadi miring. Tangga juga merupakan bidang miring.

Bidang miring membantu pekerjaan manusia dengan mengurangi gaya yang harus diberikan daripada dengan cara mengangkatnya secara langsung. Semakin landai bidang miring, semakin kecil gaya yang harus diberikan. Akan tetapi semakin panjang jalan yang haris dilalui.

Keuntungan bidang miring dimanfaatkan manusia pada pembuatan tangga. Tangga menuju tempat yang lebih tinggi dibuat melingkar agar tangga tersebut landai, sehingga gaya yang dikeluarkan untuk menaiki tangga lebih kecil.

Pernahkah kamu memperhatikan jalan yang menuju pegunungan yang selalu berkelok-kelok? Dibuatnya jalan berkelok-kelok dipegunungan agar jalan menjadi landai, sehingga menjadi mudah untuk dilalui.

Berikut alat-alat lainnya yang mengunakan bidang miring:

  1. SEKRUP
    Bagian sekrup ada yang berbentuk bidang miring. Bentuknya melingkar mengelilingi sekrup tersebut. Sekrup umumnya digunakan untuk menyambungkan kayu dengan kayu, logam dengan logam lain, atau kayu dengan besi. Sekrup juga banyak digunakan pada mesin-mesin.

  2. DONGKRAK
    Pernahkah kamu melihat orang sedang mengangkat mobil dengan dongkrak? Ada dongkrak yang menggunakan prinsip sekrup. Apabila sekrupnya diputar, maka ada bagian pada dongkrak yang naik. Bagian tersebut akan mengangkat mobil naik ke atas.

  3. Baji
    Baji adalah besi, kayu, atau bahan lain yang berbentuk miring. Baji digunakan untuk menyangga kayu yang akan dibelah. Dengan bantuan baji, membelah kayuakan lebih mudah untuk dilakukan.

  4. KAPAK
    Pernahkah kamu melihat kapak? Bagaimana bentuk mata kapak? Mata kapak bentuknya miring pada kedua sisinya. Bidang miring ini membentuk sudut yang sangat tajam, bentuk mata kapak yang miring ini dimanfaatkan untuk memotong benda-benda.