Skip to main content

Apa Itu Pesawat Sederhana?


Banyak pekerjaan manusia yang membutuhkan tenaga yang besar, seperti mengangkat drum ke atas truk, tukang bangunan mengangkat adukan ke atas gedung, memindahkan peti, dan masih banyak lagi. Karena pekerjaan itu membutuhkan tenaga yang besar, manusia berfikir untuk menggunakan alat yang bisa membantu mengurangi beban pekerjaan mereka.

Pernahkah kamu melihat orang mendorong drum ke truk yang menggunakan papan yang disndarkan? Papan yang disandarkan merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh manusia agar dapat memindahkan drum menjadi lebuh mudah.

Bagai mana cara agar tukang bangunan dapat dengan mudah mengangkat adukan ke atas gedung? Mereka biasanya menggunakan katrol. Sebuah wadah dikaitkan dengan tali dan ditarik ke atas, sehingga adukan naik ke atas sedangkan orangnya cukup menunggu di bawah.

Katrol dan papan yang dimiringkan merupakan dua contoh alat bantu sedarhana untuk meringankan beban pekerjaan manusia. Alat bantu tersebut dinamanakn pesawat sederhana. Ada juga yang dinamakan pesawat rumit. Pesawat rumit ini juga sebenarnya tersusun dari pesawat sederhana.

Sedangkan alat pembuka botol yang selalu digunakan oleh manusia untuk membuka sebuah botol juga merupakan pesawat sederhana jenis pengungkit atau tuas. Banyak sekali pekerjaan yang lebih mudah dikerjakan dengan bantuan pengungkit. Alat-alat yang termasuk pengungkit adalah obeng, gunting, linggis, sekop, palu, dan pemecah kemiri.

Pada pengungkit, ada yang dinamakan titik tumpu. Titik tumpu ialah tempat lengan alat bantu. Pada saat menggunakan pengungkit, kita memberikan gaya pada pengungkit tersebut. Besar gaya yang diberikan ke pengungkit dinamakan kuasa. Tempat kuasa berada dinamakan titik kuasa.

Kuasa dimaksud untuk mengalahkan beban benda. Besar kekuatan yang diberikan benda dinamakan beban. Sedangkan, titik tempat beban itu bekerja dinamakan titik beban. Dengan demikian, pengungkit memiliki titik beban, titik kuasa, dan titik tumpu. Letak ke tiga titik ini tidak sama untuk setiap jenis pengungkit.

Berdasarkan titik beban, titik kuasa, dan titik tumpu, pengungkit terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  1. Pengungkit jenis pertama,
    Yang dimaksud dengan pengungkit jenis pertama adalah pengungkit yang titik tumpunya ada diantara titik beban dan titik kuasa. Contoh alat pengungkit jenis pertama adalah jungkat-jungkit, gunting, pencabut paku, dan timbangan.

  2. Pengungkit jenis kedua,
    Pengungkit jenis kedua adalah pengungkit yang titik bebannya ada diantara titik tumpu dan titik kuasa. Contoh alat-alat yang termasuk pengungungkit jenis kedua adalah gerobak dorong, pemecah kemiri, dan pemotong kertas.

  3. Pengungkit jenis ketiga,
    Pengungkit jenis ketiga adalah pengungkit yang kuasanya terletak diantara titik tumpu dan titik beban. Contoh pengungkit jenis ketiga adalah sekop dan pancingan.

Baca juga > Bidang Miring Dalam Pesawat Sederhana

Oldest Post